Jumat, Februari 25, 2011

Orang-orang yang Terlibat dalam Pembuatan Game

Bicara tentang game memang tidak ada habisnya, Si penghilang stres ini selalu menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu luang. Game memang tidak hanya identik dengan anak-anak, jenis game yang beragam membuat orang-orang dewasa juga suka bermain game.

Perkembangan game memang sangat pesat. Beragam game dirilis dengan segala kelebihannya. Banyaknya pilihan juga berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah gamer di dunia, Baik dari jenis dan genrenya. Kelebihan game tersebut dapat dilihat dari berbagai hal. Diantaranya kulitas grafis dan sound. Kedua hal tersebut adalah yang paling menonjol dari suatu game. Baik atau tidaknya kualitas suatu game bergantung pada orang-orang yang terlibat dalam pembuatannya. Pembuatan game memang tidak mudah, tetapi sangat menarik untuk dipelajari. Orang-orang yang bekerja di balik layar tersebut bekerja dalam satu tim yang solid. Melakukan pekerjaan dengan keahlian masing-masing untuk membuat suatu game yang bagus. Adapun orang-orang yang terlibat dalam pembuatan game sebagai berikut,

Programmer

Seorang programmer berperan sebagai software enginer yang bertugas untuk mengembangkan video game dan perangkat lunak terkait. Tim programmer terdiri dari berbagai individu yang memiliki tugas-tugas tertentu diantaranya.

- Untuk mengatur fisik dan grafis game yang dibuat ( Game Engine Programmer).

- Membuat Artificial Intelligence dari game (Artificial Engine Programmer).

- Mengatur dan memprogram efek sound pada game (Sound Programmer).

- Mengatur implementasi mekanik dan logik dari game (Gameplay Programmer).

- Scripter

- Mengatur interaksi antara manusia dan mesin (UI programmer).

- Membuat program yang berhubungan dengan input pada device (Input Programmer).

- Membuat program untuk (multiplaying) baik terhubung LAN maupun internet (Network Programmer).

- Game tools Programmer

- Untuk memungkinkan game dapat digunakan pada platform lain (Porting Programmer).

- Untuk membuat persfektif teknis dan memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang hardware dari platform tujuan (Technology Programmer).

- Untuk mencari letak error dan menentukan bagaimana memperbaikinya (Generalist).

- Untuk memastikan submodul dari permainan yang sedang di implementasikan dengan baik dan untuk melacak pembangunan dari sudut pandang pemrograman (Lead Game Programmer).

Game Designer

Seorang Game Designer bertugas untuk membuat alur cerita, scenario, gameplay, dan environment. Disinilah cerita dari game yang terdiri dari alur cerita, interaksi antar karakter, dan goal dari game ditentukan. Game designer juga terdiri dari beberapa tim yang bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya Lead Designer, Game Mechanic Designer, dan writer.

Artist

Game Artist bertugas memberikan “art” dari suatu game. Membentuk sebuah karakter dari game dan membuat tampilan (background) dari suatu game. Artist dapat berorientasi pada 2D maupun 3D. seorang Artist berorientasi 2D lebih menekankan pada konsep seni, tekstur, environment atau gambar latar belakang dan user interface. Sedangkan Artist berorientasi 3D lebih focus pada menghasilkan model, animasi, 3D environment, dan cinematics.

Composer

Music adalah hal yang dibutuhkan untuk membangun suasana dalam sebuah game. Seorang composer bertugas untuk membuat musical score, efek suara, dan posisi suara.

Referensi: source

Minggu, Februari 06, 2011

Sejarah Terbentuknya Crop Circle

Crop circle atau pola sirkuler di ladang pertanian, dikabarkan muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1647. Kemunculannya dipublikasikan luas di media massa sejak akhir 1970-an. Fenomena ini kebanyakan muncul secara misterius di malam hari.

Crop circle hampir selalu dikaitkan dengan kisah UFO (unidentified flying object), meski faktanya, sebagian besar pola itu terbukti bikinan manusia atau disebabkan faktor alam. Hanya sekitar 20 persen yang hal-ihwalnya masih misterius, hingga kini.

Berikut, sejumlah corp circle dari masa ke masa:

1647: The Mowing Devil atau 'Setan Pemotong'

Tahun 1647 menandai kemunculan pertama crop circle. Lokasinya di Berkshire, Inggris. Fenomena ini dicatat dalam sebuah pamflet d potongan kayu dan dikenal dengan sebutan 'The Mowing Devil'. Pamflet itu menceritakan seorang petani yang menolak biaya potong gandum yang kelewat, dan mengaku lebih suka menyewa setan. Disebutkan, crop circle yang muncul di tahun 1647 itu kemungkinan hasil karya setan.

1880: Laporan Jurnal Nature

Seseorang bernama Brandon Meland melapor ke Jurnal Nature. Ia mengaku menemukan beberapa pola berbentuk lingkaran raksasa di ladangnya. Ia menduga itu ada kaitannya dengan angin puting-beliung.

1966: Landasan piring terbang di Tully, Australia

Kabar soal keberadaan crop circle sempat mereda selama berpuluh-puluh tahun. Berita soal fenomena aneh itu kembali meledak pada 1966 di Tully, Australia. Seorang petani pisang, George Pedley, mengaku melihat sebuah obyek seperti piring terbang melesat dari kawasan sebuah laguna. Pedley lantas menemukan adanya formasi sirkuler berukuran besar, yang lantas disebut-sebut merupakan area bekas pendaratan piring terbang itu.

Penyelidikan polisi menemukan ada lima formasi serupa di dekat lokasi itu. Disimpulkan, itu adalah akibat 'Willy-willy', badai sirkuler kecil di wilayah tropis.

1978: Crop buatan Bower dan Chorley

Di tahun 1970-an, crop circle mewabah di Inggris dan menarik perhatian media massa dunia. Pada tahun 1978, Doug Bower dan Dave Chorley mulai membuat crop circle di malam hari. Mereka berharap ini akan menarik perhatian media massa. Namun, upaya mereka selalu gagal karena terus disapu angin. Pada tahun 1981, mereka membuat formasi yang lebih kompleks di Winchester.

Ulah mereka baru terkuak pada tahun 1991 dan mereka pun mengakuinya di hadapan publik. Penyebabnya: Bower harus meyakinkan istrinya bahwa dia sering ke luar malam-malam bukanlah untuk berselingkuh.

Setelah Chorley meninggal mendadak pada 1996, Bower bekerja sendirian membuat corp circle; kali ini demi seni.

Crop buatan Bower dan Chorley

1991: Formasli Kastil Barbury

Formasi crop circle makin kompleks di tahun 1980-an. Crop circle di Kastil Barbury di Wiltshire menunjukkan pola yang jauh lebih rumit. Inilah kali pertama, ada crop circle yang bentuknya tak simeteris dan diklaim merupakan bukti pola matematis alam semesta. Asal-usul crop circle ini masih misterius sampai sekarang.


1992: Kompetisi Crop Circle Buckinghamshire

Sebanyak 12 tim mengikuti kompetisi untuk menciptakan tipuan crop circle terbaik demi memperebutkan hadiah sebesar 5.200 poundsterling.

Kerja besar pun dimulai. Ada tim yang bahkan menggunakan helikopter untuk menurunkan pipa dan tangga. Ada juga yang memilih cara sederhana, menggunakan mesin pemotong rumput. Menurut penyelenggara, hasil karya peserta membuktikan bahwa crop circle sekompleks apa pun bisa jadi hanya tipuan manusia.

1992: Pembuat Tipuan Crop Circle Dihukum

Di Hungaria, dua petani muda ambisius untuk kali pertama dihadapkan ke pengadilan gara-gara crop circle. Baru berusia 17 tahun, Gabor Takacs dan Robert Dallos membuat crop circle berukuran besar di ladang gandum di luar Budapest. Tiga bulan kemudian, mereka mengakui ulah itu di televisi. Pemilik ladang yang geram akhirnya menuntut mereka atas kerusakan yang telah mereka akibatkan.

1995: Lahirnya Circlemakers.org

Pada tahun 1995, grup Circlemakers membuat sebuah situs berisi berbagai informasi tentang crop circle, forum diskusi online, bahkan instruksi bagaimana membuat crop circle.

2002: Dokumentasi Discovery Channel

Pada tahun 2002, Discovery Channel meminta lulusan Universitas MIT, Boston, AS, untuk membuat crop circle dan mendokumentasikannya dalam tayangan dokumenter berjudul: “Crop Circles: Mystery In the Fields.” Tujuan acara itu untuk menunjukkan kemunculan pola sirkuler ini bisa jadi cuma sebuah tipu-daya belaka.

sumber : vivanews