Sabtu, Maret 24, 2012

Carputer Sebagai Implementasi Komputasi Modern (Mobile Computing)


Mobile computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya bisa memanfaatkan kemampuan komputer secara optimal, meski dalam posisi berpindah-pindah. Teknologi mobile mungkin bukan istilah baru untuk zaman sekarang dimana teknologi telah berkembang pesat. Hampir setiap orang saat ini menggunakannya, salah satunya adalah handphone karena dirasa teknologi ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan bahkan saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang. Dibalik itu semua, teknologi ini erat kaitannya dengan proses komputasi yang menjadikannya bermanfaat dalam menyelesaikan masalah maupun pekerjaan. Komputasi pada teknologi ini dapat disebut Mobile computing

Perkembangan Mobile Computing pasti juga mempengaruhi perkembangan Hardware dari Mobile Computing itu sendiri, perkembangannya dimulai dari bentuk sampai teknologi Hardware yang ada di dalamnya yang bertujuan untuk memudahkan sang pemakai.

Carputer adalah perangkat komputasi terpasang di mobil. Beroperasi sebagai komputer nirkabel, sound system, GPS, pemutar DVD, perangkat lunak pengolah kata dan bluetooth kompatibel. Carputer biasanya digunakan untuk bermain MP3, sebuah komputer yang lebih cepat dapat digunakan jika kita ingin menggunakan carputer untuk bermain game, film, music video dan aplikasi lain.Untuk bepergian, kita dapat menambahkan modul GPS dan software peta pada carputer.

Pertimbangan dasar dalam desain yang fleksibel pada carputer adalah jumlah daya yang digunakan. Satu-satunya sumber daya yang digunakan adalah daya yang dihasilkan sari baterai mobil yang berkapasitas terbatas. Tingkat pengisian daya baterai terus menerus dikuras oleh alternator sementara mesin mobil sedang berjalan. Maka dari itu, sebuah produsen mobil biasanya melengkapi mesin mobil dengan alternator yang dinilai sangat cukup untuk memungkinkan pemasangan peralatan listrik tambahan. Pemasangan carputer dengan konsumsi daya tinggi , terutama jika carputer memiliki system audio yang kuat dapat mengakibatkan alternator tidak mampu memasok daya yang cukup untuk menjaga baterai dalam keadaan terisi penuh. Selain itu, carputer yang pada umunya dipasang pada ruangan tertutup sangat sulit untuk membuang panas yang berlebihan yang dihasilkan sirkuit. Untuk hal ini, disarankan untuk memilih motherboard dan prosesor dengan konsumsi daya rendah.

System operasi pada carputer pada umunya tersedia pilihan dari open source, (linux) atau MS windows. Kita dapat membuat sebuah system yang baik dengan menggunakan linux, akan tetapi pada linux, konfigurasi operating system dan perangkat lunak lainnya sangat rumit. Oleh karena itu bagi sebagian orang MS windows adalah pilihan yang tepat karena tidak memerlukan instalasi dan konfigurasi yang rumit.


1 komentar:

Posting Komentar