
Bagian dari grafik komputer meliputi Geometri, Animasi, Rendering dan Imaging (citra).
1. Geometri identik dengan grafik 2 Dimensi. definisi geometri adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkal ke posisi yang lain. geometri dipelajari sebagai dasar pembuatan permukaan bidang. (dalam hal ini bidang adalah representasi dari grafik 2 dimensi).
2. Definisi sederhana dari animasi adalah sebuah objek yang bergerak. awal penemuan animasi adalah ketika beberapa gambar pada kertas diputar-putar sehingga menghasilkan gambar yang bergerak. sejak itu teknologi semakin berkembang sampai digunakannya komputer sebagai alat bantu pembuatan animasi. sehingga proses pambuatan animasi semakin cepat. dalam grafik komputer animasi digunakan untuk menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
3. Teknik rendering merupakan teknik untuk membuat obyek tampak lebih hidup. Pada teknik render ini kita dapat menggunakan warna dasar (merah, kuning, hijau, dll) atau dengan memberikan material pada obyek-obyek tersebut. Selain pemberian warna ataupun material, dapat juga obyek tersebut diberi efek pencahayaan dan latar belakang. dalam grafik komputer rendering digunakan untuk mempelajari algoritma dalam pemberian efek cahaya.
4. Definisi citra menurut kamus Webster adalah suatu representasi, kemiripan, atau imitasi dari suatu obyek atau benda. Sebuah citra mengandung informasi tentang obyek yang direpresentasikan. Citra dapat dikelompokkan menjadi citra tampak dan citra tak tampak. Untuk dapat dilihat mata manusia, citra tak tampakharus dirubah menjadi citra tampak, misalnya dengan menampilkannya di monitor, dicetak di kertas dan sebagainya. Salah satu contoh citra tak tampak adalah citra digital. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat optik berupa foto, bersifat analog berupa sinyal-sinyal video seperti gambar pada monitor televisi, atau bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu pita magnetik. Citra digital merupakan suatu larik dua dimensi atau suatu matriks yang elemen-elemennya menyatakan tingkat keabuan dari elemen gambar. Jadi informasi yang terkandung bersifat diskret. Citra digital tidak selalu merupakan hasil langsung data rekaman suatu sistem. Kadang-kadang hasil rekaman data bersifat kontinu seperti gambar pada monitor televisi, foto sinar-X, dan lain sebagainya. Dengan demikian untuk mendapatkan suatu citra digital diperlukan suatu proses konversi, sehingga citra tersebut selanjutnya dapat diproses dengan komputer. dalam grafik kopputer citra digunakan untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Bentuk grafik 3D dan 2D adalah bentuk sederhana dari teknologi grafik komputer. grafik komputer 2 dimensi yang digambarkan sebagai sebuah bidang yang hanya memiliki dua komponen yaitu panjang dan lebar. dalam sebuah grafik, grafik komputer 2 dimensi terdiri dari dua koordinat yaitu koordinat x yang berada pada sumbu x dan koordinat y yang berada pada sumbu y. agar dapat tampil dengan sempurna, maka dalam menggunakan teknik ini sebuah bidang harus memiliki koordinat x dan y minimum 0, dan maksimum sebesar resolusi yang diinginkan. grafik 3 dimensi digambarkan sebagai sebuah ruang. memiliki tiga komponen yaitu panjang, lebar dan tinggi. jika digambarkan dalam grafik, grafik 3 dimensi mamiliki tiga koordinat, yaitu koordinat x pada sumbu x (datar), koordinat y pada sumbu y (tegak), dan koordinat z pada sumbu z (miring). Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. grafik 3D biasanya digunakan dalam penanganan grafis.
Perbedaan antara grafik 2D dan 3D juga dapat dilihat dari karakteristiknya. pada umumnya grafik 3D merupakan penyempurnaan dari grafik 2Dyang telah malalui serangkaian proses.
karakteristik dari grafik 2D antara lain.
1. Memiliki tampilan gambar yang datar (flat).
2. Perspektif.
3. Hanya memiliki warna dasar.
4. Berupa struk garis.
5. Menggunakan outline.
6. Memiliki frame layar yang terbatas.
7. Tidak menggunakan lighting.
8. Biasanya menggunakan shading.
9. Objek berada pada koordinat XY.
Karakteristik dari grafik 3D, antara lain.
1. Memiliki variasi warna yang lebih banyak.
2. Memiliki layar tampilan yang lebih luas.
3. Objek berada dalam bidang XYZ.
4. Dapat menggunakan teknik lighting.
5. Dapat menimbulkan gambar yang timbul (tidak flat).
6. Memiliki tampilan yang lebih dramatis.
Referensi:
http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Desain/?kid=29305
http://id.wikipedia.org/wiki/2_dimensi http://id.wikipedia.org/wiki/3_dimensi
5 komentar:
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^
AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)
agen365 menyediakan game : sbobet, ibcbet, casino, togel dll
ayo segera bergabung bersama kami di agen365*com
pin bbm :2B389877
segera daftar di agen judi D!E!W!A!P!K dengan minimal deposit 10.000 bisa menang jutaan rupiah :* :* :*
Posting Komentar