Selasa, Desember 21, 2010

Tools Modeling pada Blender



Perkembangan animasi 3d memang menjadi hal yang menarik minat banyak orang. Tidak hanya bagi seorang animator yang handal dalam membuat animasi 3D, tetapi juga bagi pencinta animasi 3D di dunia. Animasi 3D terutama dalam film adalah yang paling populer saat ini. dimulai dari munculnya film buatan pixar “toy story” sebagai film animasi 3D pertama di dunia, diikuti film-film animasi 3D lain bermunculan . salah satunya film UP (2009) dan the incredibles (2004) yang merupakan dua film animasi favorit saya :P

Hal yang terlintas dalam pikiran kita saat pertama kali mendengar kata “pembuatan animasi 3D” pasti adalah sulit dan mahal. Kedua hal itu yang biasanya “membunuh” rasa ingin tahu kita tentang bagaimana cara membuat sebuah animasi 3D. seharusnya “pembunuhan “ rasa ingin tahu itu tidak harus terjadi jika kita selalu berusaha mencari celah dan memang niat untuk belajar. ada satu cara yang murah dan mudah untuk membuat sebuah animasi 3D, yaitu Blender. Jangan berpikir bahwa blender adalah alat elektronik yang biasa dipakai pedagang jus buah. Walaupun namanya sama, tapi fungsi dan penampakannya jelas berbeda. Blender yang dimaksud adalah software animasi 3D open source.

Dengan menggunakan blender, kita dapat membuat objek 3D serta animasi pada objek 3D tersebut. ada beberapa tools untuk membuat animasi 3D pada blender. Diantaranya modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi dan particle. Masing-masing tool memiliki fungsi tertentu dalam pembuatan animasi 3D. untuk keli ini saya akan membahas tentang tool modeling.

Modeling adalah salah satu tool pada aplikasi open source blender yang berfungsi untuk membuat model umum 3D. untuk proses modeling tersebut, blender memiliki beberapa fasilitas. Setiap fasilitas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta memiliki alur kerja yang berbeda satu sama lain. Fasilitas modeling tersebut diantaranya.

Mesh modeling.

Mesh modeling merupakan teknik dasar modeling yang digunakan hampr di sebagian besar software 3D. mesh modeling bersifat vertex-based modeling atau face by face yang artinya hanya dapat dilakukan pada lever vertexdan hanya dapat mengenali face dengan 3 atau 4 vertex. akan tetapi, blender menyediakan fasilitas subdivision surface yang baik untuk mesh modeling.

Vertex-based modeling sangan membutuhkan ketelatenan. Setiap detail harus dikerjakan dengan baik. Walaupun dengan keterbatasannya yang hanya menerima face dengan 3 atau 4 vartex, dalam beberapa kasus mesh modeling jauh lebih edisien dibandingkan dengan box modeling. Box modeling adalah teknik modeling yang menggunakan objek-objek primitive.


Metaball


Metaball merupakan fasilitas modeling yang jarang digunakan pada aplikasi animasi 3D. teknik modeling metaball hampir mirip dengan ketika kita bermain dengan tanah liat atau lilin mainan (clay). Setiap objek dibentuk dengan teknik modeling metaball dan dapat digabung dengan objek lain yang telah dibuat sebelumnya.

Ada dua jenis utama metaball, yaitu positif dan negative. Pada metaball positif apabila kedua metaball saling didekatkan, maka metaballpositif satu dengan metaball positif yang lain akan menyatu. Sedangkan metaball negative, apabila sebuah metaball positif didekatnkan dengan metaball negative. Maka, metaball negative akan mengurangi bagian dari metaball positif membentuk perpotongan kedua metaball tersebut.

Curve, NURBS, dan Surface.

Fasilitas Curve, NURBS dan Surface bersifat umum pada aplikasi animasi 3D lainnya. Kelebihannya terletak pada curve data tidak memakan banyak memory dan hasil yang dibeikan cukup baik jika dibandingkan dengan mesh modeling. Bahkan ada yang menyatakan bahwa bekerja dengan teknik modeling curve lebih cepat dibandingkan dengan mesh modeling.

Kekurangan dari teknik Curve ini adalah sangat sulit menambahkan detail yang kompleks pada sebuah model. Jika ingin menambahkan detail, kita harus mengconvert senuah model surface ke mesh, lalu bekerja dengan teknik modeling mesh untuk menambahkan detail tersebut. selain itu model yang dibentuk dengan teknik curve tidak efisien untuk aplikasi 3D interaktif.



Referensi :

http://themanteck.blogspot.com/2010/12/pengenalan-dan-pembahasan-tools-pada.html

http://www.ilmiaji.com/2009/12/31/animasi-blender-modeling/

a Free Tutorial Book by Fidelis Josaphat S.

9 komentar:


butuh dana cuma bermodal 15.000 mari gabung di poker terpercaya hanya di ion_QQ,pin BB 58ab14f5.

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat di f@ns*p0ker || add pin black.berry 55F97BD0
segera dapatkan promonya dan menangkan uang jutaan rupiah hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo buruannn ditunggu apa lagi cepetan daftar ya ditunggu lo :* :* :*

Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
Ini pin bbmnya 5ee80afe :D


bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^


ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^ www.dewapk.com

mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ".COM

ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
hanya dengan minimal deposit 10.000
untuk info lebih jelas segera di add saja pin bb kami D87604A1
ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya :* :*

Promo Fans^^poker :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

Promo Fans^^poker :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

Posting Komentar