Senin, April 11, 2011

Kenapa harus OGRE???

OGRE singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine.merupakan engine grafik 3D yang berorientasi objek. OGRE itu sendiri ditulis dalam bahasa C++. Engine grafik 3D tersebut dapat kita gunakan untuk membuat game karena OGRE memang didesain sedemikian rupa untuk tujuan berikut. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi.

OGRE memiliki banyak fitur yang dapat membantu dalam pembuatan objek 3D ataupun pembuatan grafik sebuah game. fitur-fitur yang menjadi andalan OGRE tersebut adalah.

Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk memermudah dalam memasukan fitur-fitur lainnya.

Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.

Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.

OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.

The landscape scene manager untuk Progressive LOD

Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.

OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.

Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.

Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.

Kunci utama ketika bekerja dengan OGRE adalah kreatifitas. Bagaimana caranya kita menuangkan imajinasi dan pikiran kita dalam bentuk objek dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh OGRE. Dan yang terpenting adalah OGRE bersifat opensource.


Referensi:

http://crystalforest.wordpress.com/2010/03/07/instalasi-integrasi-dan-build-project-ogre-di-eclipse-ide/#more-305

http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/

0 komentar:

Posting Komentar